Plaza Indonesia

Jakarta, Jln Kebon Kacang Raya., Jakarta Pusat

Features

  • games
  • Musik
  • Smoking Area

Deskripsi Bisnis / Tempat

Plaza Indonesia - Saat ini shopping mall Indonesia bukan lagi sekedar untuk memenuhi fungsi utamanya seperti saat pertama kali ada. Yaitu untuk melayani kebutuhan belanja mayarakat. Akan tetapi, shopping mall Indonesia saat ini berkembang fungsi juga sebagai tempat bersantai untuk keluarga pada akhir pekan.

Shopping mall Indonesia sendiri merupakan salah satu jenis dari pusat perbelanjaan yang secara arsitektur terdiri dari bangunan tertutup dengan suhu ruangan yang diatur. Serta mempunyai jalur untuk berjalan-jalan secara teratur. Antara toko-toko atau stand-stand kecil yang saling berhadapan. Dengan desain bangunan yang melebar atau luas, biasanya mall memiliki tinggi tiga lantai.

Mall bisa juga memiliki arti sebagai kompleks pertokoan yang biasa dikunjungi orang-orang untuk membeli,
atau sekedar melihat serta membanding-bandingkan barang yang berguna untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sosial masyarakat.
Dan juga tetap memberi kenyamanan dan keamanan berbelanja bagi seluruh pengunjung.

Selain itu, mall juga bisa diartikan sebagai pusat perbelanjaan yang menjadi satu dari beberapa department store.
Atau toko retail besar untuk menarik para pengunjung melihat-lihat toko retail kecil yang ada,
serta dengan tambahan rumah makan atau food court yang biasanya saling melengkapi,
serta menjadi ruang komunal untuk membuat interaksi antar pengunjung dan pedagang.
Di sisi lain, mall atau shopping centre juga dipercaya sebagai gambaran dari kota yang terbentuk oleh beberapa elemen seperti:
  1. Anchor (daya tarik) yang merupakan gambaran dari nodes (tempat berkumpul), yang juga berfungsi sebagai landmark (penunjuk).
  2. Secondary Anchor (daya tarik sekunder) yang merupakan gambaran dari district (kawasan), yang diwujudkan melalui toko retail, supermaket, toko retail besar, dan bioskop.
  3. Street (jalanan) yang merupakan perubahan dari edges (batas), yang menjadi pembatas antara pusat pertokoan dengan tempat luar.


Namun selain sebagai sebagai pusat perbelanjaan atau Shopping Centre, shopping mall Indonesia juga kini digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga maupun anak muda.
Sebab banyak terdapat fasilitas seperti restoran, arena permainan dan olahraga, kebun binatang mini, pameran, tempat kebugaran, kolam renang, bioskop.
Bahkan di luar negeri, terdapat tempat seperti kasino dan slot.
Tema mall pun saat ini semakin beragam, mulai yang indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (luar ruangan), bertema alam dengan konsep taman, serta berkonsep hotel dan apartemen atau menjadi satu dengan tempat tinggal beserta segala keperluannya.

Plaza Indonesia, Mall dengan Arsitektur Modern

Di banyak kota besar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, khususnya Jakarta, semakin banyak Shopping Centre yang dibangun saat ini.
Salah satunya adalah Plaza Indonesia. Plaza Indonesia sendiri diresmikan sejak awal tahun 1990, dan terdiri atas empat lantai pertokoan kelas atas dengan luas yang mencapai 38.050 m2.
Plaza Indonesia terletak di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia, tepatnya terletak di perantara jalan M.H. Thamrin dan jalan Kebon Kacang Raya di kawasan bisnis utama kota Jakarta.

Sebuah hotel juga terletak di dalam Plaza Indonesia, yaitu hotel Grand Hyatt Jakarta.
Hotel ini sendiri merupakan sebuah hotel bintang lima berlantai 28, yang juga resmi dibuka pada awal tahun 1990 silam.
Grand Hyatt Jakarta memiliki lebih dari 300 kamar dengan tema modern minimalis, serta restoran-restoran eksklusif, dan juga fasilitas yang pastinya sudah sangat lengkap.

Pengembangan Plaza Indonesia pun semakin berlanjut saat Entertainment X'nter yang terletak di sebelah gedung Plaza Indonesia dibuka.
Pengembangan ini kemudian membidik pangsa pasar anak muda. Kedua gedung disambung dengan sebuah jembatan yang dikelilingi toko-toko kecil di sekitarnya.
Plaza Indonesia dikembangkan oleh PT Global Property Development Tbk.
Yang sebelumnya bernama PT Kridaperdana Indahgraha Tbk. Dan kini, Plaza Indonesia telah dilengkapi dengan gedung perkantoran The Plaza Office Tower,
serta apartemen yang bernama The Keraton Grand Hyatt Residences.

Saat ini, Plaza Indonesia dimiliki oleh developer serta managemen PT Plaza Indonesia Realty Tbk, dengan jumlah toko retail yang mencapai hingga 450 lebih.
Dengan pengembangan yang kini mencapai 7 (tujuh) lantai termasuk 1 (satu) basemen, serta 5 (lima) lantai bawah tanah yang digunakan untuk tempat parkir.
Total area untuk toko retail pun saat ini mencapai 105.072 m².

Konsep dan Tahap Pembuatan Desain serta Perencanaan Mall

Tahap pembuatan desain dan perencanaan shopping mall Indonesia sering disebut dengan sebutan blueprint atau cetak biru dari struktur bangunan mall yang ingin dibangun.
Dan menjadi salah satu faktor paling penting dalam proses pembuatan mall itu sendiri. Konsepnya juga dikatakan harus sesuai dengan konsep custom made, atau konsep yang dibuat harus khusus berdasarkan kebutuhan dan keinginan dari ritel tertentu.

Para pengembang juga harus memiliki proses pemikiran yang sangat jelas tentang seperti apa visi yang ingin dibuat dan juga untuk siapa mall tersebut dibangun.
Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk mencari bantuan kepada arsitek untuk penyelesaian lebih profesional dalam hal ini.

Memahami apa yang diinginkan pelanggan dan ekspektasi apa yang biasanya diinginkan bisa menjadi faktor yang sangat penting untuk mendesain sebuah mall. Mall yang efisien ialah mall yang mampu untuk menghubungkan pelanggan dengan banyak titik yang berguna, seperti akses ke tempat parkir yang nyaman dan cukup luas, maupun ke tempat khusus pejalan kaki. Di samping itu, kesalahan umum yang sering dilakukan saat mendesain sebuah mall adalah terlalu banyak memikirkan tentang tampilan eksterior, namun dengan sedikit menekankan pada pentingnya perencanaan untuk sirkulasi, zonasi, serta persyaratan lain yang bisa membuat pengunjung lebih nyaman. Eksterior juga penting, namun perencanaan yang efisien menjadi hal yang lebih penting.
Pengaturan setiap lantai atau level di shopping mall Indonesia juga perlu perencanaan. Biasanya, sebagian besar mall di Jakarta memiliki pengaturan lantai atau level sedikit banyak hampir sama. Lantai pertama biasanya diisi oleh toko retail dengan merek-merek yang terkenal dan harga yang tinggi. Lantai di atasnya biasanya dikategorikan berdasarkan produk, seperti contoh lantai khusus pakaian anak-anak, lantai khusus perlengkapan pria, lantai khusus perlengkapan wanita, dan lainnya. Sedangkan, bioskop maupun food court biasanya selalu berada di lantai paling atas, karena biasanya membutuhkan ruangan yang luas dan bebas kolom/tiang.

Menggunakan Jasa Profesional yang Tepat

Seorang arsitek atau seorang profesional yang sudah sangat mengerti tentang desain mall yang baik,
tentu bisa menggunakan keahlian serta pengalamannya dalam membuat sebuah mall.
Tujuan untuk meminta bantuan tenaga ahli disini adalah mereka akan memberikan kita pemikiran yang jelas
dan tepat mulai dari proses desain awal, hingga nantinya mall dibuka.

Konsep yang jelas juga sangat berperan penting jika ingin membuat sebuah mall.
Anda sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu sebelum memulainya.
Hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi lahan yang akan digunakan, ukuran lahan apakah cukup,
harapan dan ekspektasi pengunjung yang ingin Anda capai, dan apakah mall ini akan dibuat berdiri
sendiri atau mungkin termasuk ke dalam konsep bangunan yang mixed-use.
Semua hasil survey ini tentu saja bisa berguna untuk menentukan desain, ukuran hingga penempatan yang tepat untuk nanti ke depannya.

Seorang arsitek memang memegang peran paling penting untuk pembuatan desain shopping mall Indonesia tersebut.
Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda bisa menjelaskan secara detail apa yang menjadi harapan untuk desain
Anda kepada si arsitek. Bahkan, jika Anda masih belum memiliki konsep yang ingin Anda bawa,
arsitek juga dapat membantu Anda dalam memberikan pemaparan konsep yang ingin Anda inginkan tersebut.
Hal ini juga termasuk salah satu keahlian para arsitek yang hampir selalu dilakukan dalam setiap proyek yang dipercayakan kepada mereka.

Pemilihan arsitek yang tepat juga bisa menjamin kesuksesan ke depannya.
Anda harus memastikan jika arsitek yang Anda pilih untuk proyek tersebut merupakan seseorang yang tidak hanya
memiliki pemahaman mendalam mengenai arsitektur toko ritel,
namun ia juga harus paham tentang tren pasar yang sedang berjalan saat ini,
juga di dalamnya tentang kebiasaan belanja masyarakat, dan lain sebagainya.
Dan karena arsitek adalah orang yang bertanggung jawab dengan proyek Anda dari awal hingga selesai, maka berhati-hatilah dalam memilih arsitek yang tepat.

Plaza Indonesia - Shopping Mall Indonesia

Indonesia Shopping Center Situs Direktori Bisnis

Reviews

Write a review
Over Rating

Write a Review